Tips Mengoptimalkan Kinerja Komputer Anda ( Bagian 2 )

Oleh , Kevin Pratama
Sabtu, 2 September 2000

Pada bagian pertama di artikel saya, dijelaskan bagaimana mengoptimalkan kinerja komputer anda dengan sedikit mengutak-atik hardware komputer anda. Nah pada bagian ini saya akan menjelaskan tips-tips bagaimana agar kemampuan komputer anda bertambah dengan sedikit mengutak-atik Windows anda. Perlu saya ingatkan untuk sebelumnya anda membackup data-data penting anda terlebih dahulu. Perlu juga saya beritahu lebih dahulu kalau sistem yang saya gunakan adalah Windows 98, karena rata-rata O/S yang terpasang di komputer-komputer sekarang adalah Windows 98. Jika anda menggunakan versi Windows lain, pada dasarnya tempat dan perintahnya masih sama. Setiap tips akan saya bagi menjadi beberapa bagian yang dapat terdiri dari beberapa sub-bagian lagi.
Selamat Mencoba…

Control Panel

Bagian pertama yang saya akan bahas adalah pada bagian Control Panel, di bagian ini anda dapat mengeset segala macam settingan pada Windows anda. Anda dapat mengaksesnya dari Start>Settings>Control Panel atau dari My Computer>Control Panel. Banyak settingan tersembunyi yang dapat meningkatkan performa komputer anda pada bagian ini.

Add/Remove Programs

Bagian ini adalah tempat dimana anda dapat menghapus atau menambah komponen suatu program dan Windows dengan aman tanpa beresiko merusak Windows itu sendiri. Hampir semua program yang dibuat berdasarkan Windows pasti memiliki kemampuan ini. Tetapi yang kita akan utak-utik saat ini adalah pada bagian Windows Setup. Jika anda perhatikan, banyak sekali komponen-komponen Windows yang anda tidak pergunakan sama sekali, dan itu dapat membuang secara percuma space harddisk anda. Satu komponen yang saya rasa kurang berguna adalah Accessibility, kecuali anda mempunyai sedikit kekurangan pada kemampuan panca indera anda, saya rasa opsi ini dapat anda hilangkan, anda dapat menghemat ruang harddisk sampai 5 MB-an, kan lumayan kan ? Terus opsi Online Services anda dapat hapus, opsi ini hanya berguna jika anda berlangganan MSN, AT&T atau Compuserve ataupun semua Penyedia Jasa Internet di Amerika, kalaupun mereka masuk sini pun pasti settingannya berbeda dengan settingan disini. Opsi lainnya yang tidak berguna adalah WebTV for Windows, jika anda tidak menggunakan WebTV anda tidak usah menginstal bagian ini. Untuk bagian lainnya, perhatikan tingkat penggunaan program anda, jika anda tidak merasa menggunakannya anda boleh menghapusnya. Hal ini juga perlu diingat jika anda suatu saat akan menginstal ulang komputer anda nanti, sehingga ruang harddisk anda tidak akan terbuang percuma dengan program-program yang tidak akan terpakai. Besar directory Windows 98 milik penulis yang memiliki komponen standard multimedia PC ( sound card, modem, VGA ) termasuk program-program pendukungnya kurang lebih hanya 200 Mb-an saja, cukup kecil bukan !

Display

Menu ini juga dapat diakses dari klik kanan di desktop dan memilih Properties pada pop-up menu. Pada tab Background, jika anda performance maniak, dan tidak terlalu memperhatikan keindahan, anda dapat membiarkan wallpaper anda tetap kosong, karena wallpaper walaupun sedikit tetapi dapat memperberat kinerja Windows, hal ini dapat dilihat pada anda yang memiliki RAM 32 Mb, jika anda keluar dari program yang cukup berat, seperti Adobe Photoshop, anda akan melihat komputer dengan perlahan berusaha membentuk wallpaper anda. Nah hal itu tidak akan terjadi jika anda memilih tanpa menggunakan wallpaper, memang akan lebih membosankan kelihatannya, tapi jika anda bekerja dalam program yang berjalan secara full-screen, apakah anda memperhatikan wallpaper anda ? sepertinya tidak bukan ?

Pada tab screen saver jika anda jarang meninggalkan komputer anda sekali komputer anda menyala, ada baiknya jika anda matikan screen saver anda. Screen saver hanya berguna jika anda banyak meninggalkan komputer anda, atau komputer anda jarang dimatikan. Selain demi keamanan ( screen saver dapat diberikan password ), screen saver didesain untuk melindungi monitor anda dari tembakan elektron yang terus menerus yang kalau secara konstan dapat merusak monitor anda. Jika anda sampai menggunakan screen saver pun saran screen saver yang terbaik adalah dengan membiarkannya blank ( terserah mau keadaan standby – yang lebih menghemat listrik – atau hanya blank ), karena monitor tidak menembakkan sinyal elektron sedikitpun sehingga jauh lebih baik dari screen saver yang mengeluarkan gambar.

Tab berikutnya yang dapat diutak-atik adalah tab Effects, terutama pada box Visual Effects. Disana anda dapat mengeset settingan efek visual pada Windows anda, jika anda mau performa penuh, matikan seluruh efek-efek diatas, tetapi jika anda mau sedikit menikmati Windows anda, anda dapat menyalakan beberapa yang anda suka, tetapi perlu diingat semakin banyak anda mengaktifkan opsi-opsi tersebut, semakin berat pula kinerja komputer anda.

Tab berikutnya adalah tab Web. Jika anda mempunyai hubungan langsung ke internet secara terus menerus mungkin utility ini akan berguna, tetapi mengingat di Indonesia jarang sekali hal tersebut terjadi maka opsi ini hanya akan membuat komputer anda semakin lambat saja. Tujuan awal dibuat Active Desktop oleh Microsoft adalah agar wallpaper anda dapet menampilkan informasi secara langsung dari web, seperti laporan saham, laporan cuaca, berita terkini, dan informasi lainnya.

Tab terakhir yang akan di optimisasi adalah tab Settings. Pada tab ini diberikan informasi tentang video card apa yang dipakai dikomputer anda. Pada setting Colors, set pada High Color ( 16 bit ). Mungkin VGA card anda dapat menampilkan lebih dari 16 bit, tapi dari pengalaman penulis, kecuali jika anda bergerak pada bidang grafis, High Color dan True Color tidaklah berbeda jauh, bahkan pada dasarnya sama saja, komputer anda tambah lambat mungkin iya, karena VGA card berusaha menampilkan warna dengan kedalaman 32-bit. Saya yakin 70-80% gambar yang beredar dikomputer saat ini hanya mempunyai kedalaman rata-rata 16-bit saja, jadi kesimpulannya mengeset ke 32-bit tidak akan berguna banyak selain memperlambat komputer saja. Kita lanjutkan pada bagian Advanced. Disini tidak banyak yang anda dapat ubah kecuali pada bagian Adapters. Pada bagian ini usahakan agar Refresh Ratenya diusahakan setinggi mungkin ( jangan pilih optimal ), ini sangat tergantung pada kualitas monitor anda. Semakin tinggi refresh rate monitor anda, semakin nyaman pula mata anda menatap monitor. Lalu pada tab Performance, usahakan agar tab Hardware Acceleration di set pada Full, kecuali jika anda memiliki masalah pada VGA card anda.

Modems

Jika anda memiliki modem, anda dapat mengoptimalkan koneksi modem dan internet anda dari sini. Pada General>Properties>General, anda dapat mengeset Maximum Speed ke 115200, kecuali anda memiliki masalah koneksi pada telpon anda. Lalu pada Connection>Port Settings… geser semua slider ke yang paling kiri atau maksimum. Anda juga dapat menggunakan program pengubah settingan internal koneksi internet seperti NetBOOST untuk mempercepat koneksi internet.

System

Pada bagian ini, banyak settingan yang dapat mempercepat kinerja komputer anda. Pada tab General anda dapat melihat versi, jumlah memory yang anda punyai, nama dan jenis prosesor. Namun informasi yang diberikan hanyalah merupakan yang dasar saja. Pada tab Device Manager, anda masuk ke dalam sub-system CD-ROM dan klik properties, pada Settings, jika CD-ROM anda mensupport DMA transfers, centang lah pada kotak yang tersedia ( DMA ). Hal yang sama juga anda dapat lakukan pada sub-system Disk Drives. Dengan mengklik pada properties Generic IDE Disk Type46 ( menunjukkan kalau itu merupakan harddisk ) anda dapat mengaktifkan DMA transfer. Hal ini dapat meningkatkan performa harddisk sampai 30-40 %, lumayan sekali bukan ! Tetapi jika CD-ROM atau harddisk anda tidak mensupportnya atau supportnya jelek, anda dapat mematikannya, anda dapat melihatnya dari tingkah laku CD-ROM atau harddisk anda yang sering hang atau tidak mau membaca. Bingung DMA transfers itu apa ? Penjelasan singkatnya adalah kemampuan suatu peripheral untuk meminta akses informasi ke memory tanpa harus melewati prosesor, jadi dapat mengurangi beban prosesor,sehingga dapat meningkatkan performa komputer itu sendiri secara keseluruhan.

Tab berikutnya yang jadi sasaran adalah tab Performance. Disini anda dapat melihat jika Windows anda berjalan dengan optimal atau tidak. Klik ke File System… untuk membuka File System Properties. Pada tab Hard Disk, ubah Typical role of this computer menjadi Network Server, ini akan mengakibatkan Windows secara agresif menggunakan cache memory-nya. Tutup window File System Properties, lalu pindah ke Virtual Memory.

Window Virtual Memory lalu akan muncul. Pindahkan pilihan ke Let me specify my own virtual memory settings, yang secara bersamaan akan mengaktifkan 3 baris opsi dibawahnya. Sebelum saya lanjutkan saya akan berikan penjelasan singkat tentang Virtual Memory. Pada dasarnya Virtual Memory merupakan RAM semu yang dibuat oleh Windows untuk menutupi kekurangan RAM secara fisik yang terpasang dikomputer anda. RAM semu ini dibuat di harddisk anda. Windows secara default mengatur keperluan Virtual Memory ( atau Swap file ) secara dinamis, artinya sebanyak yang dibutuhkan Windows, jadi jika Windows memerlukan 60 MB Virtual Memory, maka Windows akan mengalokasikan ruang harddisk ( HD ) sebesar 60 MB, kalo perlu kurang yah dikurangi sebanyak keperluannya. Hal ini dapat membuat harddisk anda akan semakin berantakan atau terdefragmentasi ( hal ini akan saya bahas nanti ) dan dapat memperlambat kinerja kompuer anda, selain itu waktu yang diperlukan Windows untuk mengeset Virtual Memory juga dapat mengurangi kinerja komputer anda. Oleh karena itu disini kita akan mengalokasikan sendiri secara fixed besar Swap file yang akan dipakai. Kita lanjutkan lagi… Pada bagian Hard disk, tentukan HD mana yang akan dijadikan Swap file, jika HD anda cuma satu pilihannya tidak dapat diubah. Tetapi jika anda memiliki lebih dari satu HD, maka sebaiknya anda mengalokasikan swap file pada HD kedua anda. Pada line minimum dan maximum masukkan nilai alokasi swap file yang sama. Menentukkan besar swap file tentu saja tidak bisa seenaknya, aturan umumnya adalah besar swap file harus minimal 2x besar RAM anda, jadi jika RAM anda 64 MB maka besar swap file adalah 2x64MB=128 MB. Tentu saja ada baiknya jika kita menambahkan beberapa MB lagi untuk jaga-jaga saja.
Powertoys

Powertoys merupakan suatu kumpulan program-program kecil yang dapat meningkatkan kemampuan Windows. terutama yang saya sukai adalah TweakUI, merupakan satu program kecil yang dapat mengatur settingan tersembunyi Windows. Salah satu kemampuannya adalah mengeluarkan menu yang biasanya keluar jika anda mengalami kerusakan pada Windows, jika anda masih sering masuk ke lingkungan DOS untuk maksud-maksud tertentu tentu saja menu ini akan sangat membantu. Kemampuan lainnya adalah opsi untuk mempercepat penampilan start menu. Anda dapat mendownload versi terakhir dari Powertoys di website Microsoft. Selain itu juga ada program-program lain yang antara lain dapat menambah menu Send-To, membuat shell Command Prompt Here, X-Mouse, dan lainnya.
My Computer / Windows Explorer

Anda dapat mempercepat penampilan My Computer / Win Explorer ( MyCOm/WinEx )pada saat dipanggil dengan mematikkan beberapa fungsi yang mungkin anda tidak gunakan. Dari WinEx / MyCom masuk ke View>Folder Options.., lalu pada Windows Desktop Update, pilih Custom.. lalu klik Settings.. pada bagian pertama klik pada Use Windows Classic Desktop, lalu pilihan bagian kedua tergantung kebiasaan anda, di menu ketiga pilih Only for folders… dan sisanya biarkan saja. Selanjutnya klik Ok, lalu Ok lagi. Nah setelah itu pada menu View, matikan centangan pada View As Webpage. Tentunya hal ini tergantung pada selera anda sebagai pengguna, tetapi menurut penulis menu disamping itu tidaklah banyak memberikan guna. Cobalah anda mencoba me-load WinEx / MyCom anda, anda pasti akan mendapatkan peningkatan kecepatan load WinEx / MyCom anda.
Mendefragmen Harddisk Komputer Anda

Apakah maksudnya mendefragmen harddisk ? Ada 2 masalah utama kenapa harddisk bisa terfragmentasi, atau isinya menjadi berantakan. Hal yang pertama adalah karena kebiasaan dari harddisk itu sendiri yang seringkali menulis data secara berantakan. Hal kedua adalah kegiatan menghapus data. Kedua hal tersebut dapat membuat data-data harddisk menjadi tersebar, sehingga untuk mencari data-data tersebut harddisk memerlukan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan suatu data, yang pada akhirnya akan memperlambat kinerja komputer anda. Lakukan defragmentasi pada komputer anda 2-3 bukan sekali. Untuk programnya anda dapat menggunakan program Disk Defragmenter dari Windows sendiri yang terletak di Accessories>System Tools. Perlu diingat kalau program defragmentasi dari Windows ini memerlukan waktu yang sangat lama untuk melakukan defragmentasi sehingga pastikan anda memiliki waktu luang untuk melaksanakannya. Alternatif lain program defragmentasi yang lebih baik dan cepat adalah dengan memakai Norton Speed Disk, untuk informasi lebih lengkap baca sub-bab dibawah ini.
Program-Program Pemelihara Komputer

Salah satu program yang menurut penulis sangat sekali berguna untuk merawat komputer adalah Norton Utilities yang sampai saat ini sudah mencapai versi 2000, program ini pada dasarnya merupakan kumpulan dari beberapa program-program kecil yang berguna untuk mempertahankan komputer anda agar tetap fit selalu. Diantaranya program-program yang paling penting adalah :

– Norton Disk Doctor, untuk mendiagnosa dan memperbaiki ‘kerusakan’ pada harddisk

– Speed Disk, sebuah program defragmenter harddisk yang cepat dan mempunyai algoritma defragmentasi yang cukup baik

– Norton WinDoctor, sebuah program pembersih registry Windows

– Norton Optimization Wizard, program yang dapat meningkatkan performa komputer anda

Masih banyak program-program lain yang terdapat di Norton Utilities tetapi menurut penulis ini yang paling penting. Jalankan keempat program tersebut secara berkala, tergantung tingkat penggunaan komputer anda.
Merapikan Start Menu

Saya sering melihat komputer dengan start menu yang panjangnya melebihi layar monitor, menurut penulis itu tidaklah rapi. Tips baik yang penulis dapat berikan adalah dengan mengelompokkan program-program yang kategorinya sama kedalam suatu group baru, seperti misalnya program-program seperti WinZip, WinRAR, dan lainnya yang merupakan kategori Uilities dapat anda gabungkan kedalam group Utilities. Start menu yang rapi menurut penulis adalah start menu yang tidak melebihi layar.
Menggunakan Windows Accesories

Jika anda mengutamakan performa bagi komputer anda, menggunakan accesories Windows seperti sound effects, background pictures, Windows Explorer Skin, dan lainnya dapat mengurangi kecepatan Windows, sehingga hal ini sangat tidak disarankan. Tentu saja ini berbalik kepada anda sekalian, jika anda cukup menikmatinya, saya rasa tidak ada salahnya menggunakan acccesories-accessories semacam itu.

Sepertinya inilah akhir dari artikel saya, saya harap tips-tips yang saya berikan dapat membantu anda dalam mengoptimalkan komputer anda.

Selamat Mencoba !

3 Responses

  1. trima kasih tips nya sangat sangat membantu mempercepet kinerja komputer saya

  2. thks boss tips nya , tapi buat nyari program di atas yang free
    di mana ya ..?soal nya dah nyoba cari di internet malah di bawa muter muter …. tolong di post juga doang trusted site nya kalo ada thks sekali lagi ..

  3. keren tank atas pemberi tahuanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: