Belajar komputer step by step

Di Kolom ini, kita akan membahas tentang Ilmu Komputer secara bertahap. sebagian besar materi-materinya saya ambil dari Ilmukomputer.com. Kurikulum materi-materi yang akan disampaikan setiap harinya, step by step, telah disusun. insyaalloh akan ada materi pelajaran yang akan saya tambah setiap hari. So, ikuti terus perkembangan pelajarannya ya… jangan sampai ketinggalan. dan kebanyakan materi-materi belajar disini berbentuk Zip yang boleh teman-teman download langsung.
bila ada kesulitan atau ada file yang gak bisa dibuka, mohon hubungi administrator ya.. agar dapat kami tindak secepatnya.
Okay, Selamat mengikuti Pelajarannya. semua bermanfaat.

Best Regards
Saiful bahri Sdblk

PENGANTAR


laptop1
1. Mengenal Ilmu Komputer, silahkan Download filenya ya, Mengenal Ilmu Komputer
2. Klasifikasi Ilmu Komputer, silahkan Download filenya klasifikasi ilmu komputer
3. Ringkasan Pengantar Ilmu Informatika.
Artikel ini membahas secara komprehensif, ringkas dan padat intisari yang ada dalam bidang ilmu komputer dan informatika. Dimulai dari penjelasan yang mengenalkan definisi komputer, jenis-jenisnya dan klasifikasi komputer. Artikel ini juga akan menjelaskan tentang data dan manajemennya, jaringan komputer, pemrograman dan manajemen sistem informasi. Artikel ini dapat sebagai guide untuk membantu pemula dalam menguak apa yang ada di dalam bidang ilmu komputer. untuk memiliki file nya, Silahkan Download Pengantar Informatika
4. Kamus Istilah Komputer.
Perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika (telematika) saat ini sangat pesat sekali. Perkembangan teknologi tersebut telah menciptakan suatu revolusi yang disebut dengan revolusi informasi, dunia sekarang terikat menjadi satu oleh sistem elektronik yang menyalurkan berita dan data dengan kecepatan cahaya ke seluruh tempat di dunia ini. Revolusi informasi yang merupakan gabungan antara ilmu pengetahuan dan teknologi telah merubah sumber kekayaan tidak lagi berupa materi-seperti pada revolusi industri- tetapi berupa informasi, pengetahuan yang diterapkan pada pekerjaan untuk menciptakan suatu nilai. Siapa yang menguasai informasi maka ia akan menguasai dunia.
Informatika sebagai suatu ilmu dan komputer sebagai suatu alat telah memunculkan banyak istilah-istilah baru yang kian hari kian bertambah. Kamus Istilah komputer dan Informatika ini diharapkan dapat memberikan penjelasan terhadap istilah-istilah yang ada tersebut. Karena bersifat elektronik maka kamus ini tidak seperti kamus-kamus komputer yang diterbitkan dalam bentuk non elektronik, kamus ini selalu mendapatkan tambahan istilah baru setiap tiga pekan.
Kamus ini bebas untuk didistribusikan, diperbanyak, dikutip baik sebagian atau seluruhnya ataupun disebarkan dalam bentuk elektronik maupun non elektronik dengan tetap menyebutkan nama penyusunnya.
untuk Mendownload Kamus Istilah Komputer dan Informatikanya, silahkan klik disini.
5. Perkembangan Komputer (secara Umum), silahkan download filenya Perkembangan Komputer
6. Perkembangan Hardware Komputer, silahkan download filenya, Perkembangan Hardware Komputer
7. Perkembangan Software Komputer, silahkan Download filenya, Perkembangan Software KOmputer
8. Matematika Biner
Matematika biner selalu disajikan sebagai mata kuliah pengantar bagi anda yang berdisiplin ilmu komputer, biasanya diajarkan dalam mata kuliah Data Processing (Pemrosesan data), Pengantar Organisasi Komputer (POK) dan mata kuliah Matematika Diskret (Madis). Dalam pengajaran beberapa mata kuliah juga mengandung unsur-unsur penghitungan biner ini, akan tetapi tidak terlalu mutlak.

Jika anda berminat untuk mempelajari konsep jaringan, setidaknya anda harus mengerti konsep IP Address dimana anda diwajibkan tahu untuk pengubahan dari biner ke desimal ataupun dari desimal menjadi biner. Hal ini berkaitan langsung dengan kelas jaringan dan subenetting.

Beberapa contoh pada tutorial ini disajikan sangat sederhana, dengan tujuan agar lebih mudah memahaminya. Dan penulis juga menyinggung sedikit tentang sejarah kata menghitung dan berhitung. Membosankan? Tentu saja :. Jadi disarankan kalau memang anda malas untuk membaca sejarahnya, silahkan langsung pada praktiknya.
Silahkan Download filenya disini.

MATERI UTAMA


images15

    SoftWare Engineering

1. Pengantar UML
Saat ini piranti lunak semakin luas dan besar lingkupnya, sehingga tidak bisa lagi dibuat asal-asalan. Piranti lunak saat ini seharusnya dirancang dengan memperhatikan hal-hal seperti scalability, security, dan eksekusi yang robust walaupun dalam kondisi yang sulit. Selain itu arsitekturnya harus didefinisikan dengan jelas, agar bug mudah ditemukan dan diperbaiki, bahkan oleh orang lain selain programmer aslinya. Keuntungan lain dari perencanaan arsitektur yang matang adalah dimungkinkannya penggunaan kembali modul atau komponen untuk aplikasi piranti lunak lain yang membutuhkan fungsionalitas yang sama.

Pemodelan (modeling) adalah proses merancang piranti lunak sebelum melakukan pengkodean (coding). Model piranti lunak dapat dianalogikan seperti pembuatan blueprint pada pembangunan gedung. Membuat model dari sebuah sistem yang kompleks sangatlah penting karena kita tidak dapat memahami sistem semacam itu secara menyeluruh. Semakin komplek sebuah sistem, semakin penting pula penggunaan teknik pemodelan yang baik.

Dengan menggunakan model, diharapkan pengembangan piranti lunak dapat memenuhi semua kebutuhan pengguna dengan lengkap dan tepat, termasuk faktor-faktor seperti scalability, robustness, security, dan sebagainya.

Kesuksesan suatu pemodelan piranti lunak ditentukan oleh tiga unsur, yang kemudian terkenal dengan sebuan segitiga sukses (the triangle for success). Ketiga unsur tersebut adalah metode pemodelan (notation), proses (process) dan tool yang digunakan.

Memahami notasi pemodelan tanpa mengetahui cara pemakaian yang sebenarnya (proses) akan membuat proyek gagal. Dan pemahaman terhadap metode pemodelan dan proses disempurnakan dengan penggunaan tool yang tepat.
download filenya disini
2. Object-Oriented Analysis and Design (OOAD)
The first object-oriented language is generally acknowledged to be Simula-67, developed in 1967. This language never had a significant following, although it greatly influenced the developers of several of the later object-oriented languages. The object-oriented movement became active with the widespread availability of Smalltalk in the early 1980s, followed by other object-oriented languages, such as Objective C, C++, Eiffel and CLOS. About five years after Smalltalk became widely known, the first object-oriented development methods were published by Shlaer/Mellor [Shlaer-1988] and Coad/ Yourdon [Coad-1991],
followed closely by books by Booch [Booch-1991], Rumbaugh [Rumbaugh-1991], Wirfs-Brock [Wirfs-Brock-1990]. The first phase was complete by the end of 1990. The Objectory book [Jacobson-1992] was published slightly later, based on work that had appeared earlier papers. This book took a somewhat different approach, with its focus on use cases and the development process.

Over the next five years, a plethora of books on object-oriented methodology appeared, each with its own set of concepts, definitions, notations, terminology, and process. Some added useful new concept, but overall there was a great similarity among the concepts proposed by different authors. Many of the newer books started from one or more of the existing methods and made extensions or minor changes.
There were some early attempts to unify concepts among methods. The first successful attempt to combine and replace existing approaches came when Rumbaugh joined Booch at Rational Software Corporation in 1994. They began combining the concepts from the OMT and Booch methods, resulting in a first proposal in 1995. At that time, Jacobson also joined Rational and began working with Booch and Rumbaugh. Their joint work was called the Unified Modeling Language (UML).

In 1996, the Object Management Group (OMG) issued a request for proposals for standard approach to object-oriented modeling. UML authors Booch, Jacobson, and Rumbaugh began working with methodologists and developers from other companies to produce a proposal attractive to the membership of OMG, as well as a modeling language that would be widely accepted by tool makers, methodologists, and developers who would be the eventual users. Several competing effort also were started. Eventually, all the proposals coalesced in the final UML proposal that was submitted to the OMG in September 1997. The latest OMG-UML specification [UML-1999] may be found the Internet at http://www.omg.org and http://www.rational.org.

This paper presents a comprehensif introduction to object-oriented analysis and design. A simple example of the software project for Automated Teller Machines (ATM) network is given in this paper. It is provided for a comprehensive explanation about how to use the object-oriented analysis and design methodology, especially Rumbaugh OMT method.
Silahkan Downloada File materinya disini.

3.Pangantar Software Agent
Abstrak:

Dewasa ini banyak sekali digunakan kosa kata agent, baik dalam bidang informatika dan ilmu komputer, seperti software engineering, artificial intelligence (AI), distributed system, dsb, maupun dalam bidang lain yang terkait, misalnya bidang industri, manufacturing, bisnis, electronic commerce, dsb. Populernya penggunakan teknologi agent pada berbagai bidang ilmu bukan berarti membuat jelas definisi agent. Tetapi justru membuat definisi agent semakin tidak jelas, karena setiap peneliti berusaha untuk mendefinisikan agent sesuai dengan latar belakang ilmu yang mereka miliki. Bagaimanapun juga sampai saat ini belum ada kesepakatan dari para peneliti tentang definisi formal mengenai apa yang disebut dengan agent.

Akibat yang timbul dari tidak adanya kesepakatan definisi agent adalah, munculnya penggunaan agent dengan banner yang bermacam-macam, meskipun yang dimaksud kadang-kadang adalah sama, ataupun tidak ada perbedaaan yang signifikan didalamnya, misalnya adalah penggunaan kata-kata, intelligent agent, agent technology, software agent, autonomous agent, ataupun agent. Pada makalah ini kami menggunakan kata agent dan software agent untuk mewakili beberapa kosa kata tersebut diatas.

Software agent adalah salah satu paradigma baru dalam dunia software engineering. Bagaimanapun juga sebenarnya secara teori, keberadaannya sudah lama diungkap oleh para peneliti khususnya di bidang Artificial Intelligence. Dewasa ini dengan berkembangnya teknologi jaringan komputer, termasuk Internet didalamnya, kebutuhan paradigma software dan progam yang bisa menjalankan tugas yang didelegasikan kepadanya secara mandiri, memiliki intelegensi, dan kemampuan bergerak dalam lingkungan jaringan komputer, sudah sangat mendesak. Disinilah peran software agent menjadi sesuatu yang tidak bisa tidak, harus ada untuk mengatasi beberapa masalah-masalah yang timbul seperti tersebut diatas.

Pada makalah ini akan dibahas tentang teknologi agent, baik dalam tinjauan teori maupun praktis, dan juga akan dijelaskan tentang aplikasi dari teknologi agent diberbagai bidang penelitian.
untuk Filenya, silahkan Download Disini

4. Tutorial Eclipse
Tutorial ini akan menjelaskan tentang beberapa tips menggunakan eclipse.
Silahkan teman-teman download Filenya Disini

    Pemrograman

1. Class C++ Dasar
Pemrograman C++ memerlukan pemahaman yang memadai untuk menterjemahkan desain ke dalam bentuk implementasi, terutama untuk desain yang menggunakan abstraksi class. Fokus pembahasan pada aspek pembentukan obyek (construction) sebuah class, dan proses sebaliknya pada saat obyek tersebut sudah tidak digunakan lagi (destruction).
Silahkan Download filenya untuk pembelajaran lebih dalam disini

2. Pengantar JavaScript
Semenitpun Internet tidak akan berhenti berkembang , demikian juga dengan bahasa pemrograman berbasis web yang akan selalu berkembang, termasuk juga JavaScript, yang merupakan bahasa pengenalan awal sebelum kita benar benar serius terjun dan berkecimpung di dalam pengembangan aplikasi web. Pada artikel Pengantar JavaScript ini kita akan belajar dasar dasar pengenalan struktur bahasa dan cara kerja JavaScript dalam suatu dokumen HTML.
Okay, silahkan Klik disini untuk mendownload file materi pelajarannya.

3. Memahami Struktur dan Elemen pada Bahasa Pemrograman
Sejak dulu hingga sekarang, tentu kita mengetahui bahwa di dunia komputer terdapat beraneka ragam bahasa pemrograman. Karena begitu banyaknya jenis-jenis bahasa pemrograman, bahasa-bahasa tersebut juga dikelompokan berdasarkan kriteria tertentu. Ada yang mengelompokkannya menjadi 3 level bahasa yaitu: high level (Seperti Pascal dan Basic), middle level (Seperti Bahasa C), dan low level (Seperti Bahasa Assembly). Ada juga yang mengelompokkannya menjadi procedural/functional programming, object oriented programming, dan sebagainya.

Namun pada dasarnya, bahasa-bahasa pemrograman tersebut memiliki bagian-bagian yang serupa. Yang membedakan hanyalah tata bahasa yang digunakan. Seperti halnya belajar bahasa Indonesia, bahasa Jawa, ataupun bahasa asing. Masing-masingnya memiliki bagian-bagian yang sama, yang membedakan hanyalah istilah/simbol yang digunakan dan dialek bahasa tersebut.

Di dalam artikel ini, akan dibahas mengenai bagian-bagian bahasa pemrograman procedural dengan contoh kasus bahasa Pascal dan C. Bahasa pemrograman procedural merupakan bahasa pemrograman yang melibatkan fungsi-fungsi atau prosedur-prosedur sebagai sub program untuk membentuk solusi dari suatu permasalahan. Berbeda halnya dengan bahasa pemrograman yang berorientasi obyek, yang menggunakan pendekatan obyek dalam menyelesaikan suatu persoalan.
silahkan Download materi pelajaran versi lengkapnya disini.

4. Java Fundamental
Tutorial ini akan menjelaskan tentang permograman java untuk tingkat pemula. Okay, silahkan download materi lengkapnya disini ya.

5. Java Advance
Tutorial ini akan menjelaskan tentang permograman java untuk tingkat mahir. Okay, langsung aja Download materinya disini.

6. Bengkel J2EE/Linux – Dasar Pemrograman Java
Tutorial ini akan menjelaskan tentang dasar-dasar permograman java, bagaimana membuat program dengan Java. Merupakan seri dari buku Bengkel J2EE/Linux.
silahkan Download materinya disini.

7. Bengkel J2EE/Linux – Aplikasi Web dengan Java
Tutorial ini akan menjelaskan tentang bBagaimana mengembangkan aplikasi Web dengan Java. Merupakan seri dari buku Bengkel J2EE/Linux. Okay, silahkan Download filenya disini.

8. Bengkel J2EE/Linux – Aplikasi Enterprise dengan Java

Tutorial ini akan menjelaskan tentang bagaimana membuat aplikasi enterprise dengan teknologi Java. Merupakan seri dari buku Bengkel J2EE/Linux.
klik disini untuk mendownload materinya.

9. Pemrograman Delphi untuk Pemula:IDE dan Struktur Pemrograman
Bagi pemula seringkali bingung ketika hendak mempelajari bahasa pemrograman, apapun bahasanya. Padahal tidak sesulit yang dibayangkan untuk mempelajari sebuah bahasa pemrograman. Pada tulisan ini akan dibahas cara memulai belajar bahasa pemrogramanan, khususnya Delphi. Namun cara seperti ini bisa diterapkan pula untuk belajar bahasa pemrograman yang lain, seperti keluarga xbase: dbase, Clipper, Foxbase/foxpro, keluarga visual : Delphi, Visual Basic, Visual C dan sebagainya. Kali ini akan dibahas tiga struktur perintah dalam pemrograman komputer yaitu:

1. Perintah berupa Sequence (diproses oleh kompiler secara berurutan)
2. Perintah berupa Pencabangan / Pemilihan kasus (diproses sesuai kasus yang terpenuhi)
3. Perintah berupa Pengulangan (diproses secara berulang sampai kondisi tertentu).
Okay, silahkan download materinya disini ya…

    BioInformatika dan AI


1. BIOINFORMATIKA: Mengawinkan Teknologi Informasi dengan Bioteknologi

Ledakan informasi dari kemajuan bioteknologi seperti data sekuen DNA dari pembacaan genom, data sekuen dan struktur protein sampai kepada data transkripsi RNA berkat teknologi DNA chip, telah mendorong lahirnya Bioinformatika yang digunakan untuk mengorganisasi dan menganalisa data-data tersebut menjadi sebuah informasi biologis yang bermakna. Bermacam database telah dibuat dan banyak perangkat lunak telah diciptakan yang menunjukkan trend kepada spesialisasi tujuan. Walaupun negara berkembang kurang dapat berpartisipasi dalam eksperimen bioteknologi yang padat informasi untuk pengumpulan informasi dalam databasedatabase itu, peluang untuk memanfaatkannya melalui Bioinformatika terbuka lebar karena sifatnya yang terbuka.

Dalam tulisan ini diulas perkembangan Bioinformatika di dunia dengan didahului oleh latar belakang “ledakan” informasi dalam bioteknologi, kemudian ditutup dengan prediksi prospek Bioinformatika di Indonesia melalui pertanyaan “dari mana kita harus mulai?”
silahkan Download materinya disini.

2. Pengantar Softcomputing
Softcomputing merupakan metode yang dapat mengolah data-data yang bersifat tidak pasti, impresisi dan dapat diimplementasikan dengan biaya yang murah (low-cost solution). Beberapa metode yang termasuk dalam kategori softcomputing misalnya fuzzy logic, artificial neural network, probabilistyc reasoning. Softcomputing bukanlah suatu metode yang berjalan sendiri dalam menyelesaikan masalah, melainkan lebih pada kerjasama serasi antara metode-metode di atas, sehingga segi positif tiap metode dapat berkontribusi secara aktif. Sebagian dari materi pada makalah ini disampaikan sebagai pengantar kuliah musim semi 2003: “Special Lecture on Media Science V”, pada School of Computer & Cognitive Sciences, Chukyo University, Japan.
Silahkan Download filenya disini.

3. Pengantar Multi Agent Sistem
abstrak:
Penelitian dan pengembangan agent dan multi agent system (MAS) sudah dimulai sekitar 20 tahun yang lalu, berawal dari suatu cabang ilmu artificial intelligence (AI) yang bernama distributed artificial intelligence (DAI). Pesatnya perkembangan teknologi komputer dan jaringan, menyebabkan teknologi agent dan multi agent system dengan mudah bisa diimplemantasikan, sehingga saat ini bukan hanya bergerak pada kerangka penelitian, tetapi juga telah sampai pada tahap implementasi nyata.

Sudah bukan menjadi rahasia lagi, bahwa telah datang kritikan pedas yang diarahkan kepada para peneliti AI, bahwa bidang garapan AI tidak menyentuh masalah-masalah riel. Kemudian beberapa ide-ide besar yang datang dari para peneliti AI pun boleh dikata hanya diimplemantasikan ke arah masalah-masalah mainan (toy problems). Kalau kita mau menengok kembali buku-buku pelajaran baik tingkat undergraduate maupun graduate, memang ada nuansa bahwa penjelasan ilmu AI hanya berputar sekitar pemecahan masalah (problem solving) pada suatu yang tidak riel dan lebih bersifat mainan, misalnya strategy pada permainan catur, othello, robot mainan, dsb.

Seiring dengan perkembangan teknologi agent dan multi agent system ini, para peneliti AI berharap bahwa sudah masanya untuk tidak mengulang kembali kesalahan leluhur-leluhur peneliti AI, dan mencoba untuk membuat implementasi agent dan multi agent system ke arah yang lebih riel dan bermanfaat secara langsung. Bigus dalam bukunya [Bigus et al., 2001] menyebutkan secara ekstrim bahwa kita sedang melakukan transisi dari AI (Artificial Intelligence) ke IA (Intelligent Agent).

Pada makalah ini akan dibahas tentang agent dan multi agent system secara lengkap, menyangkut beberapa isu, pendekatan dan tantangan yang ada, kemudian akan dijelaskan juga tentang aplikasi dari teknologi agent dan multi agent system diberbagai bidang penelitian.

Pengorganisasian makalah ini adalah sebagai berikut. Penjelasan kita mulai dengan sejarah, latar belakang, definisi agent, dan multi agent system dengan tujuan supaya kita bisa menyamakan persepsi awal tentang agent yang kita bicarakan. Setelah juga dijelaskan secara lengkap tentang karakteristik, klasifikasi agent dan bidang-bidang yang terkait dengan agent. Masuk ke bagian Arsitektur Agent, akan dibahas tentang arsitektur umum yang dipakai untuk pengembangan agent dan multi agent system.

Kemudian akan dibahas mengenai masalah metodologi dan tool dalam pengembangan agent dan multi agent system. Aplikasi dan penelitian yang berkaitan dengan agent dan multi agent system akan dijelaskan secara mendetail pada bagian Aplikasi dan Arah Penelitian Agent, dan dilanjutkan pada bagian Usaha Standarisasi Agent dengan penjelasan mengenai usaha standarisasi agent dan multi agent system dan organisasi-organisasi yang mendukung ke arah itu. Makalah ini akan diakhiri dengan kesimpulan dan daftar pointer maupun resource yang berhubungan dengan agent dan multi agent system.
Silahkan Download filenya disini.

4. Mobile Agents Security Issue: Malicious Hosts Attack
In general, the term of agent means a person that does a task on behalf another person that assigns it to (representative of). The example can be a real estate agent, a travel agent, an insurance agent and many more. The reason why someone delegates that task is to make the task easier and be completed soon. For example, if someone wants to buy a house, he can search the house through the real estate magazine, find out about the house by calling the owner and then see it. Instead of searching the house one by one, he can come to a real estate agent and choose several interesting houses and find out all the information about those houses from the real estate agent. This information finding agency is really a big help, since this saves much of his time and money.

In distributed computing area, there is a concept called mobile agent. The force driving behind the mobile agent technology is the growth of Internet. The Internet ability to connect millions of computer in the whole world makes it to be the perfect place to distribute data among them, and the mobile agent technology is one of the ideas to make the distribution data becomes more valuable (Murch and Johnson 1999 p.14). There are some other benefits that enforce the development of mobile agent such as: it reduces the communication cost in the network by filtering data transferred from the server (Baumann et al. 1997), it can be used to solve complex and big problems that needs distributed computing (Nwana and Ndumu 1997 p.8) and also it can act as a personal assistant that can learn from the user or from other agents (Maes 1994).
download Materinya disini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: