Komputer Adalah Alat Yang Dipakai Untuk Mengolah Data

komputer adalahKomputer Adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer” adalah “yang memproses informasi” atau “sistem pengolah informasi.”

Menurut generasi, sejarah komputer komputer dibagi menjadi 5 bagian, yaitu:
– Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik
– Komputer Generasi Pertama
– Komputer Generasi Kedua
– Komputer Generasi Ketiga
– Komputer Generasi Keempat
– Komputer Generasi Kelima

Etimologi Komputer

Selama berangsur-angsur sudah ada beberapa arti yang berbeda-beda pada kata “komputer”, dan dari beberapa kata berbeda tersebut saat ini cukup disebut sebagai komputer.

Kata computer secara umum pernah dipakai untuk mendefiniskan seseorang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa menggunakan alat bantu. Pada tahun 1646, menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata itu dipakai dalam bahasa Inggris sebagai kata untuk “orang yang sedang menghitung” kemudian pada tahun 1897 juga digunakan sebagai “alat hitung mekanis”.

Jenis Komputer

Walaupun demikian, dari definisi di atas tersebut mencakup banyaknya alat khusus yang hanya bisa memperhitungkan satu atau beberapa fungsi. Saat mempertimbangkan komputer zaman modern, sifatnya yang paling penting untuk membedakan mereka dari alat menghitung yang lebih awal ialah bahwa, dengan bahasa pemrograman yang benar, semua komputer mampu mengemulasi sifat apa pun (meskipun mungkin dibatasi oleh kemampuan penyimpanan dan kecepatan yang berbeda), dan dipercaya bahwa alat hitung sekarang bisa meniru alat perkomputeran yang akan kita buat di masa depan (meskipun niscaya lebih lambat). Dalam suatu pengertian, batas kemampuan tersebut adalah tes yang berguna karena mengenali komputer “maksud umum” dari alat maksud istimewa yang lebih dahulu.

Komputer benam
Pada sekitar 20 tahun , banyak alat rumah tangga, khususnya termasuk panel dari permainan video tetapi juga mencakup perekam kaset video, telepon genggam, PDA dan banyak sekali dalam rumah tangga, otomotif, industri, dan alat elektronik lain, semua itu berisi sirkuit elektronik yang sama bagaikan komputer yang memenuhi syarat Turing-lengkap di atas (dengan catatan bahwa program dari alat ini seringkali dibuat secara langsung di dalam chip ROM yang akan perlu diganti untuk mengubah program mesin). Komputer tersebut secara umum dikenal sebagai “komputer benam” atau “mikrokontroler” (embedded computer). Oleh karena itu, banyak yang membatasi definisi komputer kepada alat yang maksud pokoknya adalah pengolahan informasi, daripada menjadi bagian dari sistem yang lebih besar seperti oven mikrowave, telepon, atau pesawat terbang, dan dapat diganti untuk berbagai tujuan oleh pengguna tanpa merubah fisik.

Komputer pribadi
Istilah PC atau komputer pribadi mempunyai beberapa arti:
* Istilah umum yang merujuk pada suatu komputer yang bisa dipakai dan diperoleh manusia dengan mudah.
* Istilah umum yang merujuk kepada suatu mikrokomputer yang sesuai dengan spesifikasi IBM.
* Komputer pribadi (PC) yang pertama kali dipublikasikan oleh IBM dan secara tidak langsung mencetuskan penggunaan istilah PC (Personal Computer).

Generasi mikrokomputer yang pertama hanya dijual dalam jumlah sedikit kepada orang yang mampu membeli dan mahir (membuat dan merakit sendiri), dan mengoperasikannya, diantaranya: para insinyur dan penggemar bidang elektronika. Mikrokomputer generasi kedua lebih dikenal sebagai komputer rumah (home computer).

demikianlah, hingga saat ini teknologi komputer selalu berkembang, sehingga komputer adalah barang yang menjadi kebutuhan.

One Response

  1. […] penyakit ini saya dapatkan ilmu, Ternyata yang paling penting dalam menghadapi penyakit adalah Kesabaran dalam menerima dan menjalaninya. Ikhlas dan ridho lah menerima penyakit tersebut, banyak berdoa kepada Alloh untuk kesembuhan […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: